PENDIDIKAN MORAL DALAM TAFSIR QUR’AN KARIM KARYA MAHMUD YUNUS
Sari
Studi sebelumnya tentang Tafsir Qur’an Karim karya Mahmud Yunus belum sepenuhnya menyentuh aspek tematik yang menjadi fokus utama setiap penafsiran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan tersebut dengan menganalisis secara tematik penafsiran Yunus yang berkaitan dengan moralitas. Dalam metode kualitatif yang digunakan, analisis konten menjadi instrumen utama untuk mengidentifikasi dan menganalisis tema- tema moral yang disoroti dalam tafsir tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya tiga pendidikan moral utama yang disajikan dalam Tafsir Qur’an Karim Yunus: moralitas agama, moralitas sosial, dan moralitas keadilan. Yunus dengan tegas menekankan pentingnya internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari- hari, memperkuat empati dan tanggung jawab sosial terhadap sesama, serta memastikan keadilan dalam segala aspek kehidupan manusia. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tafsir Yunus memberikan pemahaman yang mendalam tentang moralitas Islam, yang dapat menjadi landasan yang kuat untuk pengembangan pendidikan moral yang lebih baik serta pemahaman yang lebih menyeluruh tentang ajaran Islam dalam konteks moralitas modern. Dengan memperluas wawasan dan pemahaman terhadap kontribusi Yunus dalam penafsiran Al-Qur’an, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi pengembangan nilai-nilai moral dan pemikiran keagamaan dalam masyarakat.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.